FreeWebSubmission.com Story Of Pink N Red Lover: Hunting Seperangkat Kebaya Untuk Akad Nikah di Kediri

Share what u want to share..

Share what u want to share..

Minggu, 20 Maret 2016

Hunting Seperangkat Kebaya Untuk Akad Nikah di Kediri

Setelah cincin, perburuan selanjutnya adalah kebaya.

Sebenernya sebelum memutuskan untuk beli kebaya, aku udah tanya2 dulu sih sama keluarga, seserahan yang kata orang jawa "sak pengadek" alias segala sesuatu yang dibutuhkan CPW (calon pengantin wanita) dari mulai atas sampai bawah itu dikasiin waktu lamaran apa waktu nikah. Kalo biasanya sih, dari yang aku liat dari lamaran2nya temen2ku, semua itu dikasiin pas lamaran, gag tau deh waktu nikahnya ngasi apa lagi. Nah klo kata keluargaku sih, itu dikasi waktu nikah. Waktu itu aku tanya,
Aku: "Seserahan sak pengadek itu dikasi pas lamaran apa pas nikah sih?"
Ibu: "Kalo mb Hana sama Mb Christin dulu ya pas nikah."
Aku:"Trus lamarannya bawa apa donk?"
Ibu: "Ya bawa makanan2 thok, kue2 buah2 sembako2, makanan2 gitu lah. Lha kalo semuanya dikasi pas lamaran trus ntar waktu nikah seserahannya apa, masak cuma kue2 aja? Atau masak mau kasi semuanya 2X? Sama cincin pastine."
Aku: "Berarti perhiasan thok ya sink dikasi pas lamaran?"
Ibu: "Cincin thok kan?"
Aku: "Enggak, seperangkat perhiasan."
Mb.Ch.: "Itu nggak skalian aja pas nikah nanti? Kan biar lebih keren."
Aku: "Temen2ku gitu, perhiasan dikasi ya pas lamaran."
Mb.Ch: "Trus nanti pas nikah ngasi lagi gitu?"
Aku: "Ya nggak, bangkrut bandare men..."
Mb.Ch: "Oouwh kirain,,,"

 Akhirnya kita putusin dikasi pas nikahan aja, lamaran ntar seserahannya cuma seperangkat perhiasan aja, sama makanan2 pastinya.


Dari situ munculah pertanyaanku, yang namanya kebaya itu wajib nggak sih? 

Aku: "Buk, kalo kebaya sebenere wajib nggak sih?"
Ibu: "Ya wajib lah..."
Aku: "Kan maksudku kalo misal gag wajib nih ya, mau aku ganti gaun pesta, hohoho... Karna pada dasarnya kan aku nggak pernah pake kebaya kalo acara2 resmi, beda sama temen2ku kalo ke kondangan pakenya kebaya, kalo aku pakenya selalu gaun kan, jadi dari pada mubadzir nggak kepake..."
Ibu: "Kok aneh2, seperangkat kebaya itu wajib."
Aku: (mikir keras)
Aku: "Kalo gitu dari pada ngasi kebayanya juga ntar waktu nikahan, kan percuma pasti nggak kepake juga, gimana klo ngasi kebayanya pas lamaran aja karna nanti sekalian buad dipake waktu akad nikah, jadi ntar waktu nikah udah nggak perlu kasi kebaya lagi, bisa diganti gaun, hohoho tetep..
Ibu: "hhhmmm...Kalo gitu nggak papa."

Yyeeeyy...!!! Akhirnya seserahan nambah satu list, seperangkat kebaya.

Dari situ kita hunting kebaya. Pertama sih ke Noro yang hampur deket alun-alun, karna di situ lebih mirng harganya dari pada di Noro satunya. Aku carinya sih kebaya putih yang nggak bener2 putih polos, pengen yang ada bordir atau payet warna gold gitu, tapi goldnya yang soft ya, tetep kalem....Di Noro ada tuh kebaya putih, tapi payetnya ya putih. Kalo yang payetnya gold, tilenya kuning gading. Muraaah banget pula di situ, cuma 190 ribu. Aku udah galau sih waktu itu. Trus aku skalian liat jaritnya, ada juga yang cocok, sesuai keinginan yang ada benang2 emasnya gitu. Murah banget juga harganya. Ada yang 105 ribu sama 170 ribu, cuma aku lebih sreg yang 105, bukan karna harganya lo ya, tapi memang karna warnanya, yang 170 itu terlalu gelap warna coklatnya. Tapi akhirnya aku nggak beli dulu, masih mikir2 dulu.

Ternyata keputusanku untuk beli kebaya jadi berubah, karna aku ngrasa kayaknya nggak bakal dapet kebaya jadi dengan warna dan model yang sesuai keinginanku. Akhirnya aku memutuskan beli kebaya bahan aja, nanti setelah lamaran baru dijahitin biar bisa dapet warna yang sesuai dan model yang sesuai juga.

Mulailah aku mencari info di mana harus beli. Kata temen kantor sih di Toko kain Matahari atau di toko kain Istana, semuanya di daerah jalan Patimura. Katanya sih Istana lebih murah. Akhirnya aku ke toko Istana dulu, karna tokonya di jalan raya patimura, kalo matahari dan lainnya masuk gang lagi soalnya. Di Istana, aku nggak nemu warna yang aku pengen. Sama pelayannya malah suruh ke toko lain. Akhirnya aku ke Matahari. Di situ ada sih kain kebaya putih bordir gold, cuman goldnya terlalu gold, nggak kalem, akunya juga nggak suka. Jarit juga adanya meteran, dan motifnya nggak ada yang cocok. Aku coba ke toko kain Serba Indah. Nggak terlalu besar kayak Istana dan Matahari, nggak terlalu terkenal juga kayak dua toko itu. Begitu aku lihat di sana ternyata ada warna yang aku pengen. Putih bordir baby gold, yah walaupun belom payet yawes nggak papalah, nti dipayet sendiri kalo emank masih pengen payet. Sebenernya ada yang udah payet, cuman payetnya cenderung putih, jadi nggak kliatan goldnya. Kata si ganteng juga lebih bagusan yang pilihan pertama, yaudah bungkus. Nggak mahal juga harganya, 80rb/meter dan aku beli 2 meter. Jarit di situ adanya meteran juga dan motfinya nggak ada yang cocok.

Akhirnya untuk jarit, aku beli di Noro, motif sido mukti with benang emas, sesuai selera. Harganya udah aku sebutin sebelumnya. Selain itu juga beli stagen. Ada yang 5 meter dan 10 meter. Yang 5 meter waktu itu cuma 15 rb, yang 10 meter 56 rb. Nah berhubung kebayanya putih, aku pilih stagen yang warna putih aja, tapi sayangnya tinggal yang 10 meter, aku pikir sih kepanjangan, tapi yawes gag papa ntar tinggal dipotong aja sebelum masuk seserahan.

Kebaya, jarit, stagen, dan ternyata lupa belom beli kain satin buad daleman kebayanya alias buad longtorso. Pulang kerja, aku mampi toko Istana. Aneh banget setiap dateng kesitu, pelayannya banyak tapi kayak males banget gitu nglayani, masih inget waktu cari kain kebaya malah disuruh beli di toko lain aja. Ini sekarang lagi, udah tau lagi ada pembeli clingak clinguk bingung dimana tempat kain satin, malah pada lari2an sembunyi biar dikira nggak ada pelayannya. 
"Ini aku mau beli ya pliz, bukan mau maen petak umpet..."
Akhirnya ada juga pelayan yang mau nglayani.
 P: "Cari apa mbak?"
A: "Kain satin."
P: "Yang murah apa mahal?"
A: "Emang berapa aja harganya?"
P: "Ada 13rb, 18rb, sama 40rb.
A: "Yang 40rb aja wes."
P: "Mau warna apa?
A: "Putih."
P: "Berapa meter?"
A: "Kalo buad daleman kebaya 1 meter aja cukup nggak?"
P: "Cukup biasanya."
A: "Oke ambil 1 meter."
A: "Tunggu2, ini yang 18rb ya?" (sambil nunjuk kain satin putih selain yang dipegang pelayannya).
P: "Iya. Warnanya lebih putih. Kalo yang ini kan putih tulang."
A: "Iya lebih putih ini, yaudah yang ini aja."
P: "1 meter ya? Kalo buad jaga2 mending 1.25 meter aja.
A: "Yaudah ambil 1.25 meter."
Setelah itu aku bayar ke kasir, kasirnya ya bosnya sendiri. And you know what? Baru aku tau kenapa pelayan disitu aneh. Ada kejadian yang sedikit menggelitik, membuat dongkol ati, dan membuatku males untuk beli di situ lagi. Sekian aja *senyummiring*

Seperangkat kebaya udah lengkap, tinggal nanti hunting tempat jasa hias seserahan.





1 komentar:

  1. Salam Kenal dari baitulkhitankediri.com, kami melayani Khitan Kota Kediri di dan Juga Kediri Kabupaten (Pare, Ngadiluwih, dan sekitarnya), Khitan Aman, Modern dan Profesional.



    Semoga usaha kita berkembang pesat. Amin

    BalasHapus